Mengaktifkan Search Windows 10 Yang Tidak Berfungsi

Mengaktifkan Search Windows 10 Yang Tidak Berfungsi


Mystereno – Hallo sahabat-sahabat blog semuanya, kali ini kita akan membahas salah satu produk dari microsoft yaitu microsoft windows 10! Saat ini rata-rata penggunaan os windows 10 semakin meningkat, bisa dikatakan hampir semua kalangan yang mempunyai laptop maupun pc desktop pasti menggunakan windows 10. Namun dalam penggunaan windows 10 pasti terdapat beberapa masalah maupun bug yang dialami pengguna dalam mengoperasikan windows 10 ini, salah satunya adalah fungsi dari “windows search” tidak aktif ataupun tidak berfungsi, hal ini dialami sendiri oleh penulis dalam beberapa saat lalu, hal ini sangat menjengkelkan apalagi fitur dari “windows search” sangat penting untuk digunakan. Untuk itu penulis akan memberikan beberapa cara yang bisa membuat “windows search” aktif kembali, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar tentang “Cara Memperbaiki Windows Search 10 Yang Tidak Berfungsi”.

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, ketika mengetikkan aplikasi yang mau di cari pada “windows search” aplikasi yang di cari tidak muncul, padahal sebelumnya aplikasi yang di cari tersebut muncul seperti sebagaimana mestinya. Untuk itu diperlukan beberapa langkah yang perlu dicoba untuk mengembalikan fungsi dari “windows search” agar aktif kembali, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Pertama
1. Buka dan jalankan “Run” pada windows 10.
    Caranya :
  • Tekan dan tahan Logo windows pada keyboard + R
  • Lalu ketik “services.msc dan enter.


2. Scroll ke bawah dan cari yang namanya “windows search”.
Setelah melakukan langkah pertama maka akan muncul gambar seperti pada gambar berikut.
Klik kanan pada “windows search” dan pilih “properties

3. Rubah bagian “startup type” dari “disable” mejadi “automatic (delayed start)”.
Perhatikan gambar di bawah, jika sudah di rubah pada bagian “startup type” silahkan klik “Apply” dan klik “Ok”.

4. Restart “PC” atau "laptop" kalian.
Untuk menerapkan efek dari perubahan yang dirubah tadi pada “windows servicenya” silahkan restart pc kalian ataupun laptop kalian dan silahkan coba menggunakan “windows searchnya” kembali, jika berfungsi dengan baik maka cara ini berhasil dilakukan dan jika tidak silahkan menggunakan cara ke dua.

Cara Ke Dua
1. Klik logo “windows” pada pojok kiri bawah desktop dan pilih “setting”.
Setelah klik setting maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, dan silahkan pilih “Time & Language” :

Kemudian Pilih “Region & Language”.

Lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini, silahkan rubah pada bagian “Country or Region” dari “indonesia” ke “United States” ataupun sebalikanya.

Setelah itu coba sekarang kalian cek “windows searchnya” biasanya tampilannya akan sedikit berbeda dari sebelumnya, karena dengan mengubah  “Country or Region” dari “indonesia” ke “United States” akan mengaktifkan yang namanya “Cortana” seperti gambar di bawah :


Silahkan cek apakah sudah berfungsi kembali windows search kalian dengan baik atau belum. Dan cukup sekian dulu tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaan bagi kalian yah!

NOTE: Penulis menggunakan cara ke 2 dan berhasil. Jika kalian masih kesulitan dengan penjelasan di atas silahkan untuk berkomentar di bawah ya😊 Have a Nice Day ...